google-site-verification=13tAwbSGY2q_1hlLO2ilslFCtknw25W68iOyNsCybdY
Skip links

10 Tips Rumah Minimalis 2 Lantai Type 36 Pojok yang Nyaman

Rumah minimalis 2 lantai type 36 pojok semakin banyak diminati karena selain bisa menampung kebutuhan keluarga dengan cukup, tampilannya pun simpel namun modern. Namun, sebelum membangun rumah tipe ini, kamu harus mempertimbangkan beberapa hal agar hunian yang dibangun nyaman dan efisien. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu gunakan.

1. Memperhatikan Desain

Desain rumah minimalis 2 lantai type 36 pojok sebaiknya dipikirkan secara matang. Desain yang baik akan memaksimalkan penggunaan lahan yang tersedia dan menciptakan ruang yang nyaman dan efisien. Perhatikan pula arah matahari dan ventilasi agar cahaya dan udara dapat masuk dengan baik ke dalam rumah.

2. Menentukan Fungsinya

Sebelum membangun rumah minimalis 2 lantai type 36 pojok, tentukan terlebih dahulu fungsinya. Apakah untuk tempat tinggal keluarga, ataukah untuk disewakan? Hal ini akan mempengaruhi ukuran ruangan dan jumlah kamar tidur yang dibutuhkan.

3. Memilih Material yang Tepat

Pilihlah material yang tepat untuk rumah minimalis 2 lantai type 36 pojok agar tahan lama dan mudah perawatannya. Material yang sering dipakai adalah batu bata, beton, kayu, dan baja ringan. Pastikan juga material yang dipilih dapat mendukung tampilan yang minimalis dan modern.

Baca Juga: 12 Tips Memilih Furnitur dan Aksesori untuk Menciptakan Rumah Impian Sederhana tapi Elegan

Misalnya, jika kamu ingin memberikan sentuhan natural pada rumah minimalis 2 lantai type 36 pojok, pilihlah material kayu atau batu bata yang dapat memberikan kesan alami dan hangat. Namun, pastikan juga bahwa material tersebut memiliki daya tahan yang cukup agar tidak mudah rusak atau lapuk.

Selain itu, kamu juga bisa memilih material beton atau baja ringan yang lebih kokoh dan tahan lama. Material ini cocok digunakan untuk tampilan rumah minimalis yang lebih modern dan abstrak. Pastikan material yang kamu pilih memiliki kualitas baik dan bisa memberikan perlindungan yang cukup untuk rumahmu.

4. Memaksimalkan Pencahayaan

Penggunaan pencahayaan yang tepat dapat memberikan kesan lebih luas pada rumah minimalis 2 lantai type 36 pojok. Gunakan cahaya alami sebanyak mungkin dengan memaksimalkan penggunaan jendela dan pintu kaca. Pilihlah lampu dengan warna yang tidak terlalu mencolok agar menciptakan suasana yang nyaman.

Baca Juga: 6 Inspirasi Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Type 36 Pojok

misalnya, lampu LED yang lebih hemat energi dan memiliki pilihan warna yang beragam dapat dipasang pada langit-langit atau dinding untuk memberikan pencahayaan yang indah dan nyaman. Jangan lupa untuk memperhatikan tata letak lampu agar memberikan pencahayaan yang merata di setiap sudut ruangan.

5. Menambahkan Taman atau Dinding Vertikal

Jika lahan yang tersedia kurang luas, kamu bisa menambahkan taman atau dinding vertikal untuk menciptakan suasana alami di dalam rumah. Taman dapat diletakkan di depan atau belakang rumah, sedangkan dinding vertikal dapat ditempatkan di samping rumah untuk menggantikan taman.

Misalnya, kamu dapat menambahkan dinding vertikal berisi tanaman hijau yang tergantung pada pot atau rak yang ditempatkan di sisi-sisi dinding rumah. Selain memberikan nuansa hijau yang menenangkan, dinding vertikal juga dapat mengurangi suhu udara di dalam rumah dan menjaga kelembapan udara.

Sementara itu, jika ingin menambahkan taman, kamu bisa memilih jenis tanaman yang tidak membutuhkan ruang terlalu banyak, seperti tanaman hias mini atau bonsai. Tanaman-tanaman ini dapat ditempatkan dalam pot-pot kecil yang diletakkan di sudut-sudut taman atau bahkan di dalam rumah.

6. Memilih Peralatan yang Efisien

Pilihlah peralatan rumah tangga yang efisien dan hemat energi agar dapat menghemat biaya listrik. Peralatan yang efisien akan membantu mengurangi penggunaan listrik yang berlebihan sehingga tagihan listrik menjadi lebih murah.

Misalnya, kamu dapat memilih mesin cuci dengan teknologi hemat air dan energi, seperti mesin cuci front loading atau mesin cuci yang menggunakan sistem pompa air. Selain itu, gunakan juga lampu LED atau lampu hemat energi yang lebih tahan lama dan hemat listrik dibandingkan lampu pijar.

Selain itu, sebaiknya juga memilih peralatan rumah tangga yang multifungsi. Misalnya, pilihlah kompor gas yang dilengkapi dengan oven sehingga kamu tidak perlu membeli oven terpisah. Atau pilihlah blender yang bisa digunakan untuk membuat jus, smoothie, atau bahkan menggiling kopi.

7. Menata Interior dengan Tepat

Tata interior rumah minimalis 2 lantai type 36 pojok dengan tepat agar terlihat lebih nyaman dan efisien. Pilihlah furnitur yang sesuai dengan ukuran ruangan dan jangan menempatkan terlalu banyak furnitur agar ruangan terlihat lebih lega.

8. Membuat Desain Taman Minimalis

Jika kamu memiliki lahan yang cukup untuk membuat taman, buatlah desain taman minimalis yang sesuai dengan tampilan rumah. Desain taman minimalis dapat memberikan kesan yang segar dan alami pada hunianmu. Selain itu, taman minimalis juga dapat memberikan nuansa yang lebih tenang dan menenangkan untuk dijadikan sebagai tempat untuk bersantai.

Untuk membuat taman minimalis, kamu bisa memilih tanaman yang memiliki ukuran kecil dan mudah dirawat seperti bunga kertas, bunga lavender, atau tanaman hias mini lainnya. Buatlah taman minimalis yang rapi dengan mengatur tanaman hias sesuai dengan bentuk atau pola tertentu. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan elemen dekoratif seperti batu alam atau patung kecil untuk mempercantik tampilan taman.

9. Pilih Furniture yang Sesuai

Pilihlah furniture yang sesuai dengan desain rumah minimalis 2 lantai type 36 pojokmu. Hindari memilih furniture yang terlalu besar atau berlebihan sehingga dapat mengganggu tampilan rumahmu. Pilihlah furniture yang simpel dan fungsional sehingga dapat memaksimalkan ruang yang tersedia.

Untuk ruang tamu, kamu bisa memilih sofa dengan desain minimalis yang simpel. Sedangkan untuk meja, pilihlah meja dengan ukuran kecil yang mudah dipindahkan. Untuk dapur, pilihlah lemari dapur dengan desain minimalis yang simpel dan fungsional. Kamu juga bisa menambahkan rak dinding untuk menaruh peralatan dapur yang sering digunakan.

10. Perhatikan Pencahayaan dan Ventilasi

Pencahayaan dan ventilasi merupakan hal yang sangat penting dalam desain rumah minimalis 2 lantai type 36 pojok. Pastikan ruangan memiliki cahaya yang cukup dan sirkulasi udara yang baik. Gunakanlah jendela yang besar untuk memaksimalkan cahaya alami dan udara segar masuk ke dalam rumah.

Jika diperlukan, kamu juga bisa menambahkan lampu tambahan atau lampu hias untuk memberikan kesan yang lebih dramatis pada ruangan. Pilihlah lampu dengan desain yang minimalis dan modern. Selain itu, kamu juga bisa memasang kipas angin atau exhaust fan untuk menjaga sirkulasi udara tetap lancar.

Kesimpulan

Membuat rumah minimalis 2 lantai type 36 pojok yang nyaman dan efisien dapat dilakukan dengan beberapa tips yang telah disebutkan di atas. Perencanaan yang matang dan pemilihan bahan yang tepat sangat berpengaruh terhadap hasil akhir dari rumahmu. Penting juga untuk memperhatikan kebutuhan dan keinginan pribadi dalam memilih desain dan furniture agar rumah minimalismu dapat menjadi tempat tinggal yang ideal dan nyaman.

Setelah Anda mengetahui beberapa tips di atas, Anda bisa mendapatkan berbagai tipe hunian di Daisan SwanCity. Salah satunya yaitu The Flexible yang ada di Daisan selain memiliki desain yang minimalis ala jepang, mampu memaksimalkan semua area ruangan yang dimiliki untuk kenyamanan pemiliknya.

Jika Anda ingin mengetahui lebih detail tentang The Flexible Anda bisa kunjungi web :  https://daisan.co.id/the-flexible/

Leave a comment

This website uses cookies to improve your web experience.