12 Unsur Penting Dalam Rumah Budaya Jepang

Foto: japanobjects.com

Link: https://japanobjects.com/features/zabuton-cushion

Desain sebuah rumah sangat berkaitan erat dengan budaya dan tradisi setempat. Rumah tradisional Jepang memiliki keunikan dalam desain interior serta arsitekturnya yang tidak lepas dari pengaruh sejarah serta kebudayaan negaranya. Apa saja elemen penting yang ada pada sebuah rumah dalam budaya Jepang? Simak di sini!


1) Genkan, Area Masuk Menuju Ruang Tamu

Foto: nippon.com

Link: https://www.nippon.com/en/features/jg00082/

Area masuk ruang tamu dibuat lebih rendah untuk melepas alas kaki. Bagian yang lebih rendah di area ini disebut tataki. Terdapat tangga untuk melangkah atau untuk duduk melepas alas kaki yang disebut agarikamachi. Setelah melepas alas kaki, sepatu, dimasukkan ke dalam rak penyimpanan yang disebut getabako. Lantai rumah lebih tinggi sedikit untuk menghindari kotoran terbawa masuk ke dalam rumah dan menjaga rumah dari kebanjiran ketika hujan deras. 


2) Lantai Tatami

Foto: livejapan.com

Link: https://livejapan.com/en/article-a0002031/

Lantai tatami merupakan elemen terpenting dalam sebuah rumah dalam budaya Jepang. Tatami memiliki karakteristik yang cocok dengan empat musim di Jepang karena anyamannya memiliki daya serap terhadap kelembapan dan tahan panas.



3) Chanoma, Ruang Keluarga Rumah Jepang

Foto: thenateshow.com

Link: https://thenateshow.com/japanese-living-room/

Chanoma, biasanya menjadi tempat keluarga berkumpul atau makan bersama. Di sini orang-orang bisa bersantai, menikmati secangkir teh, menonton televisi dan lain-lain. Biasanya orang-orang duduk dengan posisi seiza, yaitu posisi duduk berlutut dengan kaki terlipat di bawah paha. 


4) Zabuton, Bantal untuk Duduk di Lantai 

Foto: japanobjects.com

Link: https://japanobjects.com/features/zabuton-cushion

Zabuton adalah bantal yang digunakan untuk duduk di lantai di atas tatami. Bantalan kapasnya yang empuk memberikan kenyamanan untuk duduk dalam posisi seiza atau pun bersila.

 

5) Chabudai, Meja Jepang

Foto: japanobjects.com

Link: https://japanobjects.com/features/zabuton-cushion

Chabudai adalah meja dengan kaki rendah yang digunakan ketika duduk di atas lantai tatami menggunakan zabuton. Pada umumnya meja ini berbahan kayu dan digunakan untuk minum teh atau makan bersama. Biasanya memiliki empat kaki dan dapat berbentuk bulat, oval atau kotak.


6) Kotatsu, Meja dengan Pemanas

Foto: japanobjects.com

Link: https://japanobjects.com/features/kotatsu

Kotatsu adalah meja rendah dengan selimut tebal di bawahnya yang dilengkapi pemanas listrik.  Cocok untuk bersantai di musim dingin dengan berselonjor di bawah meja sambil menikmati kehangatan. 


7) Tokonoma, Pojok Dekoratif di Ruang Tamu

Foto: matcha-jp.com

Link: https://matcha-jp.com/en/1376

Tokonoma merupakan area kecil yang biasanya dihias dengan gulungan lukisan atau kaligrafi gantung dan rangkaian bunga ikebana. Tempat duduk tepat di depan tokonoma disebut kamiza atau kursi yang disediakan untuk tamu kehormatan.


8) Shoji dan Fusuma, Pintu Geser Jepang

Foto: matcha-jp.com

Link: https://matcha-jp.com/en/3225

Fusuma biasanya menjadi pemisah antara ruangan, sementara shoji biasanya menjadi pemisah antara eksterior dan interior. Fusuma juga menggunakan bahan yang lebih tebal dan tidak tembus cahaya seperti shoji.

Shoji lebih ringan dan kertasnya meneruskan cahaya matahari ke dalam ruangan tanpa terlalu menyilaukan. Kertas shoji juga berpori sehingga membantu adanya aliran udara dalam ruangan.


9) Ranma, Lubang Angin di Atas Pintu

Foto: workinjapan.today

Link: https://workinjapan.today/life/japanese-traditional-interior-design-elements/

Ranma adalah transom atau bukaan yang terletak di atas pintu dan di bawah langit-langit atap yang juga menjadi bagian dari elemen dekoratif. Fungsi utamanya adalah meningkatkan sirkulasi cahaya dan udara.


10) Futon, Kasur Lantai

Link: https://www.nippon.com/en/features/jg00082/

Futon merupakan bedding set Jepang yang terdiri dari alas (shikibuton), kasur, selimut (kakebuton), selimut (moku) dan bantal (makura). Permukaannya yang kokoh dapat membantu menjaga tulang belakang saat tidur sehinga mencegah sakit punggung.


11) Washitsu, Ruang dalam Interior Rumah

Foto: japan-guide.com

Link: https://www.japan-guide.com/e/e2007.html

Washitsu adalah sebutan untuk ruang-ruang di dalam interior sebuah rumah dalam budaya Jepang. Di dalam washitsu diisi furnitur yang sesuai dengan fungsi ruangannya. 


12) Engawa, Beranda Menuju Halaman Terbuka

Foto: gov-online.go.jp

Link: https://www.gov-online.go.jp/eng/publicity/book/hlj/html/201811/201811_06_en.html

Engawa merupakan beranda yang berada di sisi tepi luar rumah yang digunakan sebagai tempat bersantai sambil menatap langit dan tanaman di taman.

Menarik ya desain sebuah rumah dalam budaya Jepang? JIka ingin merasakan tinggal di rumah bergaya Jepang, kamu bisa coba melirik unit The Courtyard yang mewakili artikel ini dalam Cluster Tokyo di Perumahan Daisan.